Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

GUS MUJIB RESMIKAN KOLAM PANCING DI NOGOSARI, PANDAAN.

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-16T03:00:08Z


Pasuruan, Pojok Telu.
Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron mengapresiasi usaha kerakyatan yang digagas oleh warga Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan. Menurutnya, dengan dibukanya kolam pancing Bumi Klangkung Nogosari Jaya, perekonomian masyarakat sekitar dapat lebih hidup.  

Hadir dalam peresmian, Wakil Bupati menyatakan bahwa usaha kolam pemancingan tersebut diantara potensi dan keunggulan Desa setempat yang patut diekspolorasi. Hal itu sesuai dengan visi dan misi Bupati Pasuruan yakni setiap Desa harus memiliki keunggulan yang dioptimalkan.

“Pemberdayaan masyarakat melalui kolam pemancingan akan mendatangkan orang yang hobi memancing sekaligus dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Seperti juru parkir serta warga yang berjualan diluar area pemancingan,” tuturnya pada hari Selasa (14/12/2021).

Dengan demikian, dinamika aktivitas ekonomi tersebut sudah barang tentu akan meningkatkan perekonomian di Desa Nogosari. Terlebih, Gus Mujib demikian biasanya Pengasuh Pondok Pesantren Al Yasini itu disapa meminta kepada para  pelaku UMKM agar memperkenalkan produk-produknya di lokasi pemancingan.

“Pemberdayaan masyarakat adalah banyak jalan dan cara. Diantaranya bisa mendatangkan orang banyak dan yang kerja disini masyarakat sendiri, Ini namanya pemberdayaan, dan UKM juga kita bisa tata disini,” ujarnya.

Sementara itu, agar pengelolaan kolam pancing tertata maksimal, Gus Mujib berharap ada kerjasama dari BUMDes yang akan membantu dari sisi manajerialnya. Menurutnya, jika dikelola dengan baik dengan manajemen bagus, dipastikan usaha tersebut akan terus berkembang. 

Dengan demikian mampu memberdayakan masyarakat sekitar dengan maksimal, selain kolam pemancingan, Wakil Bupati juga berharap, ada kegiatan pemberdayaan masyarakat yang lain.

 Seperti membudidayakan ikan-ikan kecil dan pengadaan lomba-lomba yang berhubungan dengan ikan. Nantinya dapat mengundang Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasuruan.

“Kalau ada lomba-lomba dinas perikanan bisa diundang, termasuk juga nanti bisa berdiskusi tentang budidaya ikan. Bisa juga mengundang Disperindag dan untuk pelatihan-pelatihan makanan ringan dan sebagainya,” katanya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati berpesan agar pemberdayaan masyarakat harus terus dilaksanakan. Karena hal itu merupakan salah satu syarat untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Pasuruan agar segera bangkit dari pandemi. (Ony/Eka).

×
Berita Terbaru Update