Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Pasuruan Dukung Peningkatan SDM BumDes, Sebagai penguat Ekonomi Desa,

Sabtu, 29 Januari 2022 | Januari 29, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-31T01:48:50Z


Pasuruan, Pojok Telu
Banyak cara yang terus dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Diantaranya dengan lebih menguatkan sektor perekonomian melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Seperti halnya yang dilakukan di Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur. Adalah BUMDes Mekarsari  yang ke depannya akan mendapatkan dukungan langsung dalam hal peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Fokusnya, bagaimana menjadikan semua anggotanya terampil dan memiliki keahlian dalam mengelola potensi Desa. Seperti yang disampaikan Wakil Bupati Mujib Imron pada saat berkunjung ke Desa setempat.

“BUMDes Mekarsari nantinya bisa berkolaborasi dengan BUMDes Desa lainnya. Untuk penguatan dan peningkatan dari sisi SDM, Pemkab Pasuruan akan gelar pelatihan peningkatan kualitas BUMDes. Kita akan support untuk diikutkan pelatihan peningkatan kualitas SDM”, tandasnya.

Tentunya, pembangunan Desa yang menitikberatkan terhadap pengoptimalan potensi Desa tersebut selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan Tahun 2022. Sehingga penguatan ekonomi Desa adalah sebuah keharusan.

“Visi Pak Bupati dan saya adalah bagaimana terwujudnya masyarakat yang Sejahtera, Maslahat dan Berdaya Saing. Sejahtera artinya kebutuhan masyarakat terpenuhi. Tahun ini, fokus kami meningkatkan potensi dan ekonomi Desa,” tandas Wakil Bupati pada saat memberikan sambutannya.

Sebelumnya, Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis 28 ekor Sapi kepada BUMDes Mekarsari. Hadir dalam agenda “Serah Terima Sapi Perah Program Dana Desa Tahun Anggaran 2022”, Kepala Dinas Peternakan Diana Lukita Rahayu. Berikut Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bakti Jati Permana.

Dalam momen yang sama, Gus Mujib sapaan akrab Wakil Bupati tersebut sekaligus meresmikan Desa Tlogosari sebagai Desa Peternakan. Menurutnya, masih banyak hal yang bisa digali dari potensi Desa Tlogosari, utamanya di bidang peternakan. Oleh karenanya harus dilakukan koordinasi lebih lanjut dengan Kepala Dinas Peternakan dalam melakukan inseminasi buatan.

“Banyak hal yang nanti bisa diberikan kepada Tlogosari dengan mengajak Kepala Dinas. Kalau Dinas Peternakan ada beberapa program seperti inseminasi. Ini gratis sesuai permintaan,” ungkap Gus Mujib pada hari Kamis (27/1/2022).

Di sisi lain, Wakil Bupati juga mengapresaisi sosok Kepala Desa Tlogosari. Karena menurutnya, tidak banyak Kepala Desa yang memiliki wawasan lokal sebagai modal peningkatan potensi Desa. Maka dari itu, sudah sepatutnya sosok Kepala Desa Tlogosari perlu dicontoh oleh Kepala Desa lainnya. (OnyEka).

×
Berita Terbaru Update