Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bendung Girang Bakal Di Jadikan Tempat Wisata Oleh Pemkab Pasuruan.

Senin, 11 April 2022 | April 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-11T14:26:41Z



Pasuruan, Pojok Telu
Bendung Girang di Desa Slambrit, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan akan dijadikan Bendung Wisata.
Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto mengatakan, Bendung Girang merupakan salah satu bendung yang dibangun sejak peninggalan jaman Belanda. Dimana kontruksi tebing-tebingnya masih kuat meskipun masih ada kerusakan di bagian sayap sungai.

"Bendung ini dibangun mulai zaman Belanda dan sekarang kondisinya masih bagus. Bisa dilihat dan kalau tidak percaya, bisa langsung ke sini untuk melihatnya," kata Hari sembari mengecek kondisi Bendung Girang, Senin (11/04/2022) pagi.

Selain peninggalan bersejarah, Bendung ini juga memiliki Kren dum atau Mercu bendung yang bertrap-trap. Sehingga aliran air tidak langsung ke bawah, melainkan landai dan aman untuk masyarakat yang ingin datang ke bendung ini. Kata Hari, 

Dan untuk menjadikan Bendung ini sebagai Jujukan Wisata, pihaknya terus merawat sayap bendung yang tergerus air dan ditargetkan akan selesai dalam beberapa hari ke depan. Termasuk  pembersihan sedimen, sampah, pemasangan batu, dan lainnya.

"Ada sayap bendung yang tergerus air dan langsung kami perbaiki. Ini bagian dari perawatan bendung yang kami lakukan untuk mempercantik bendung ini," terangnya.

Tak selesai sampai di situ, Bendung Girang juga memberi banyak manfaat untuk irigasi. Menurut Hari, total ada 503 hektar areal persawahan milik warga yang pengairannya bergantung dari Bendung Girang.

"Warga juga sangat bergantung dari 503 hektar areal persawahan yang pengairannya dari Bendung Girang. Terbukti banyak aliran air yang bercabang dan diarahkan ke banyak titik pengairan," jelasnya.

Apabila disinkronkan dengan Bendung Wisata, rencananya nanti akan diperkuat dengan perbaikan jalan menuju bendung, hingga area jogging track. Dijelaskan Hari, apabila sudah mulai berkembang, secara otomatis warga juga bisa dilibatkan melalui warung-warung atau kios makanan minuman di sekitar bendung.

"Kalau sudah banyak yang datang, secara otomatis semua jalan. Ada jogging track nya, nanti jalan juga bisa diperbaiki. Apalagi kalau rame, seperti warung kopi, makanan dan sejenisnya akan terbangun dengan sendirinya," ucapnya. (Ony/mil)

×
Berita Terbaru Update