Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waow....Pemkab Pasuruan, Lirik KTP Digital

Rabu, 21 September 2022 | September 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-22T15:42:22Z


Pasuruan, Pojok Telu
Diera Digital Pemerintah Kabupaten Pasuruan mulai melirik pemanfaatan KTP digital, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati mengatakan, penerapan KTP digital di Kabupaten Pasuruan sudah memasuki tahap uji coba, namun uji coba tersebut yang dilakukan hanya sebatas untuk lingkungan  ASN di Kabupaten Pasuruan.
    
“Kalau untuk masyarakat umum masih belum bisa, karena kami masih sebatas pengujian untuk pegawai, ini untuk memantau plus minusnya sebelum benar-benar diluncurkan ke masyarakat,” kata Tectano, Rabu (21/09/2022).
    
Menurut Tecto-sapaan akrapnya, penerapan KTP digital merupakan kebijakan nasional dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Kebijakan tersebut dimunculkan, untuk menyambut era digital, sehingga, lebih memberi kemudahan untuk masyarakat Kabupaten Pasuruan.
    
Karena, kedepannya, tidak ada lagi harus melakukan cetak KTP untuk menunjukkan identitasnya. Cukup dengan menunjukkan smartphone. Data pribadi bisa ditunjukkan. “Kebijakan pusat ini, untuk bertujuan pula untuk mempermudah masyarakat. Karena, kedepannya tidak perlu menambah isi dompet dengan KTP manual seperti yang ada saat ini. Cukup dengan smartphone, semua data diri, baik KTP, hingga KK bisa ditunjukkan semua,” ucapnya.
    
Meski demikian, penerapan KTP digital belum diterapkan sepenuhnya di Kabupaten Pasuruan, karena penggunaan KTP manual seperti saat ini, masih banyak dibutuhkan, apalagi, belum semua masyarakat memiliki smartphone.
    
“Ini juga menjadi kendala dalam penerapan KTP digital tersebut, meski sebenarnya, hal itu bisa diatasi, yakni dengan cara berdampingan, yakni KTP manual ataupun digital bisa diterapkan bersamaan,” pungkasnya.
    
Hanya saja, pihaknya belum memastikan penerapan KTP digital dijalankan sepenuhnya. “Kami masih menunggu pusat,” bebernya. (Ony/mil)

×
Berita Terbaru Update