Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Pasuruan Gelontorkan Dana Rp10 Milyard Untuk Tangani Bencana.

Rabu, 12 Oktober 2022 | Oktober 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-13T02:04:35Z


Gambar: Ilustrasi Tanah Yang Longsor

Pasuruan, Pojok Telu
Pemerintah Kabupaten Pasuruan setidaknya sudah menghabiskan dana sebesar Rp 10 miliard untuk penanganan bencana sejak Januari hingga akhir September 2022. Tahun ini
Anggaran sebanyak itu  digunakan untuk perbaikan infrastruktur imbas dari bencana hingga bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengatakan, sepanjang Januari hingga akhir September ini sejumlah kejadian bencana menyedot perhatian publik, mulai dari banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan bencana lainnya, seluruh kejadian bencana tersebut memang berdampak besar terhadap infrastruktur yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Banyak sekali jalan-jalan yang rusak hingga tanggul jebol imbas dari bencana banjir ataupun longsor yang terjadi, belum lagi kerusakan infrastruktur lainnya termasuk rumah-rumah warga yang rusak imbas angin puting beliung.

"Banyak bencana mulai banjir sampai tanah longsor, dan itu semua butuh banyak anggaran," kata Harris di sela-sela kesibukannya, Rabu (12/10/2022).

Selain penanganan bencana, anggaran mencapai milyaran rupiah itu juga digunakan untuk logistik, makanan atau sembako bagi masyarakat, hal ini membuat Pemkab Pasuruan harus menggelontorkan dana yang tak sedikit, setidaknya, lebih dari Rp 10 milyard digulirkan pada saat bencana itu terjadi ataupun pasca bencana.

“Anggaran besar telah dikeluarkan Pemkab Pasuruan untuk penanganan bencana sejak Januari 2022 kemarin. Dana itu digulirkan untuk perbaikan infrastruktur imbas bencana banjir ataupun longsor hingga bantuan untuk warga, seperti bantuan untuk penyaluran makanan saat terjadinya bencana ataupun sembako,” bebernya.

Lebih lanjut Harris menegaskan bahwa dana tersebut dialokasikan dari Belanja Tidak Terduga (BTT) 2022. Dimana Pemkab Pasuruan, mengalokasikan dana BTT sekitar Rp 34 miliar pada tahun 2022 ini. Dana itulah yang digunakan untuk penanganan bencana, termasuk kekeringan yang sempat terjadi, hingga resiko banjir di akhir tahun 2022 ini.

Menurut Harris, anggaran BTT tersebut, saat ini, menyisakan anggaran Rp 23 milyard hingga Rp 24 miliar.
“Sisa anggaran itulah, yang akan digunakan untuk penanganan bencana hingga akhir tahun 2022,” Pungkasnya. (Ony/mil).

×
Berita Terbaru Update