Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cah Legok Kulon Kali Peringati 1 Muharrom 1445 H. Tahun 2023.

Sabtu, 22 Juli 2023 | Juli 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T00:52:40Z


Pasuruan, pojoktelu.com
1 Muharram merupakan bulan pembuka dalam penanggalan Islam (Hijriah). Tahun baru Islam tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah yang jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. merupakan hari bersejarah bagi ummat islam, dan tentu saja tidak di lewatkan begitu saja oleh kaum muslimin dan muslimat terutama kawula muda cah kulon kali desa legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Sabtu, 22/7/23. Usai Sholat isya' baik kaum muslimin dan muslimat, tua maupun muda kumpul menjadi satu hingga menutup akses jalan desa guna untuk memperingati 1 muharrom 1445 H. dengan khusu' lantunan Sholawat Nabi yang di pimpin oleh Mujoko dan tahlilnya di pimpin oleh Nasikin serta menyantuni anak-anak yatim dan para janda yang menyerahkan H Sokib, sebagai mana hal ini pernah dilakukan oleh junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. kita sebagai ummat nya sudah sepatutnya mengikuti ajaran-ajaran beliau agar nanti kita mendapatkan syafa'atnya kelak di ahirat.


berbagai macam makanan khas jajan pasar, dan makanan jawa  hasil bumi mulai dari singkong, kacang tanam, hingga ketela menghiasi para kaum muslimin yang sedang berdo'a dan sengaja di gantung-gantungkan di atas kepala kaum muslimin menambah suasana semakin meriah sebagai bentuk wujud syukur atas rohmat dan nikmat yang selama ini di rasakan oleh warga Desa Legok. Hadir dalam acara 1 Muharrom kali ini Kades Nursalam S.E. Sekdes Khoiril Makhrus, ketua RW Buafa, Ketua RT 8 Misbar, Ketua RT 9 Abd Kholil, Ketua RT 10. H. Sokib, serta Tomas dan Toga.


Dalam sambutannya Kades Nursalam S.E. Mengucapkan, "Banyak-banyak terima kasih atas terselenggaranya 1 Muharrom 1445 H. kepada para  kawula muda dan patut mendapatkan apresiasi atas terselenggaranya 1 Muharrom ini karena setiap tahun cah kulon lali ini bisa memperingatinya, semoga menjadi contoh bagi RT RW yang lain juga bisa melaksanakan peringatan 1 Muharrom seperti ini, kades Nursalam sangat senang dan bangga melihat warganya bisa rukun, makmur, bisa kumpul, dan gotong royong, sambil membaca do'a bersama-sama menambah hubugan semakin erat karena ada sillaturrohmi seperti ini, dan saya berharap tahun yang akan datang bisa semakin meriah, dan juga bisa diikuti oleh RT RW yang lain di desa Legok ini. "Begitu Ucap Kades Nursalam, hingga tausiya dan do'a dibacakan oleh Drs Agus Salim hingga acara 1 muharrom usai, Alhamdulillah acara berjalan lancar dan meriah tanpa ada kendala yang berarti. (Ony).
×
Berita Terbaru Update