Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penyusunan RKPDes Tahun 2024 dan RKPD 2025, Desa Karangrejo Menggelar Musrenbangdes

Kamis, 20 Juli 2023 | Juli 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-20T14:11:14Z


H. Elyas anggota DPRD Kabupaten Pasuruan F-Gerindra saat menyampaikan sambutan


Pasuruan, Pojok Telu

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang lebih dikenal dengan istilah Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan dengan mengacu pada RPJM Desa.


Pemerintah Desa Karangrejo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan menjadi Desa pertama yang menyelenggarakan Musrenbangdes Se-Kecamatan Gempol. Kamis (20/07/2023). 


Dalam penyusunan RKPDes tahun Anggaran 2024 dan RKPD Tahun Anggaran 2025 dengan tema peningkatan pelayanan dasar dan tata kelola pemerintahan. Musrenbangdes Desa Karangrejo dihadiri langsung oleh dua Anggota Dewan DPRD Kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat Fraksi PKB dan H. Elyas Fraksi Gerindra, Kepala Desa Karangrejo Mohamad Jainul dan Muspika Kecamatan Gempol. 


Dalam sambutannya, Jainul sapaan akrab Kepala Desa Karangrejo menyampaikan upaya nya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya 


“Ada 5 sektor yang menjadi fokus kami dalam anggaran tahun 2024 dan 2025 antara lain sektor pendidikan, ekonomi, keagamaan, cipta kerja dan kesehatan,” Ucap Kepala Desa Karangrejo


Sementara itu, Lek Sul sapaan akrab Samsul Hidayat Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan mewanti wanti agar dapat memanfaatkan anggaran tersebut sesuai dan tepat dengan undang-undang. 


“Saya harap usulan pada musrenbangdes benar benar skala prioritas dan sesuai dengan kewenangan. Karena kalau tidak sesuai dengan kewenangan kita menabrak aturan yang bisa menjadi masalah,” pesannya. 



“Saat ini Pemerintah memiliki Sistem Informasi Pembangunan Daerah atau disingkat SIPD jadi nanti usulan-usulan akan dimasukkan ke SIPD dulu. SIPD adalah sistem penting dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan di daerah, terutama dalam hal ketersediaan data yang valid untuk analisis perencanaan pembangunan dan pemetaan,” tambahnya


Sementara itu, H Elyas menambahkan kendati dirinya dengan Lek Sul berbeda Partai. Dirinya tetap sejalan dengan Lek Sul merespon segala keluhan masyarakat. “Dapil saya dan Lek Sul sama yakni Gempol, Beji dan Bangil, cuma berbeda partai. Tapi tetap kita selalu sejalan dan juga menguapayakan aspirasi ataupun keluhan masyarakat,” Ujar H. Elyas. (Tom/Zaq)

×
Berita Terbaru Update