Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KAMPUNG TANGUH DUSUN SEMAMPIR BUKA WISATA SIDO RESIK

Jumat, 28 Januari 2022 | Januari 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-29T04:31:34Z


Sidoarjo, Pojoktelu.com
Kampung Tangguh satu-satunya yang masih aktif dan berkelanjutan di wilayah Kab. Sidoarjo adalah di Dusun Semampir RW 06 Ds. Sidorejo Kec. Krian Kab. Sidoarjo, dikunjungi oleh tim penjuri dari lomba Sido Resik Kab. Sidoarjo yang diketuai langsung oleh ibu Bupati Sidoarjo, dengan meluncurkan 3 program andalan diantarannya pencegahan dan penyebaran covid-19, ketahanan pangan secara mandiri serta revitalilasi sungai sebagai pemberdayaan edukasi wisata lokal, yg semua dikolaborasikan dengan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pemulihan ekonomi akibat Covid-19. (28/1/2022).

Dalam lomba Sido Resik yg di adakan oleh Pemkab Sidoarjo di lakukan penilaian mulai bulan Desember 2021 s d Januari 2022 dari semua desa yang mengajukan proposal diambil hanya  7 Desa yang masuk nominasi diantaranya adalah Dusun Semampir RW 06 Ds. Sidorejo. 




Ketua RW 06 Sutrisno mengatakan ajang perlombaan Sido Resik ini  merupakan lomba yg cukup luar biasa, penilaiannya cukup lama hampir 1 bulan lebih, penilaian tahap 1, 2, 3, 4, sedangkan untuk aikon Dusun Semampir yang diandalkan adalah keberadaan Kampung Tangguh yang di kolaborasikan dengan program Revitalisasi Sungai.

Program kampung tangguh diwujudkan melalui pembuatan posko, ruang isolasi mandiri, penyiapan perlengkapan pencegahan covid mulai dari desinfektan, cuci tangan, masker serta pembuatan lumbung pangan secara mandiri dgn membuat kolam lele, kebun pisang dan kebun buah2an serta pemberdayaan UMKM mandiri.

Sedangkan revitalisasi sungai kita siapkan pengecetan plengsengan avur anak sungai buntung, pembuatan spot foto sungai, pembuatan gazebo, pemberdayaan UMK pigir kali dan pembuatan wisata edukasi lokal punden semampir.

Semua tempat-tempat yang dahulunya sebagai tempat pembuangan sampah dan tidak beraturan kita sulap menjadi tempat yang indah dan bernuansa seperti tempat2 wisata dan tempat kuliner.

Dan yang paling terpenting adalah, keguyupan masyarakat semampir rw 06 yang sangat luar biasa, mereka bergotong royong baik tenaga, pikiran, materi untuk bersama-sama membangun Dusun Semampir, menang kalah hal yang biasa dalam lomba, tetapi titik klimaknya adalah kita bisa membangun Dusun Semampir dengab cantik, bersih, sehat itulah hal yang luar biasa bagi kami (tuturnya).(fii)
×
Berita Terbaru Update