Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Harga Cabai Rawit Merah Di Kabupaten Pasuruan Tembus Rp 92 Ribu, Per kilo.

Senin, 06 Juni 2022 | Juni 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-10T16:50:52Z

       CABAI 

Pasuruan, Pojok Telu
Harga cabai rawit merah di pasaran tembus Rp. 92 Ribu perkilo, dalam sepekan terakhir menunjukkan kenaikan yang cukup fantastis dan memberatkan masyarakat bawah, seperti hari ini misalnya. Dari catatan Siskaperbapo (sistem informasi ketersediaan bahan pokok) Disperindag Kabupaten Pasuruan, di tiga Pasar Daerah, rata-rata harga cabai rawit merah per satu kilogramnya mencapai Rp 92 ribu.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Diano Vella Fery melalui Kabid Pengembangan dan Perdagangan, Mita Kristiani mengatakan, bahwa kenaikan harga cabai rawit merah cukup banyak dalam setiap minggunya.
Ia mencontohkan untuk harga pada minggu kemarin masih di kisaran Rp 70 ribu. Sedangkan di awal minggu ini. harga cabai rawit merah tembus Rp 92 ribu.

"Naiknya harga lumayan banyak. Minggu lalu saja masih Rp 70 ribu, dan kemarin naik jadi Rp 88 ribu dan sekarang naik lagi jadi Rp 92 ribu," kata Mita di sela-sela kesibukannya, Senin (06/06/2022) pagi.

Semakin pedasnya harga cabai rawit di Kabupaten Pasuruan disebabkan semakin menipisnya ketidaktersediaan stok di pasar. Sedangkan menurunnya stok cabai tak lain karena tidak stabilnya cuaca yang membuat banyak tanaman cabai menjadi rusak dan hancur sebelum bisa dipanen.

Berbanding terbalik dengan banyaknya permintaan cabai, terlebih akan mendekati Hari Raya Idul Adha dan maraknya musim pernikahan, sehingga mau tak mau penjual berbondong-bondong menaikkan harganya.

"Karena cuacanya juga tidak stabil, banyak yang rusak cabainya yang berakibat stok menipis. Padahal banyak yang nyari, ya akhirnya harga dinaikkan," ucapnya.

Meski terus meningkat, namun Disperindag Kabupaten Pasuruan tidak dapat melakukan intervensi harga cabai.

"Kita hanya monitoring dan memastikan stok cabai masih ada di pasaran, namun harganya selangit" Pungkasnya. (Ony/mil)
×
Berita Terbaru Update