Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Layanan Unggulan Stroke Holistik RSUD Bangil, Unit Reaksi Cepat Untuk Tangani Strok Agar Tidak Telat

Sabtu, 03 September 2022 | September 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-03T15:52:23Z


Pasuruan,PojokTelu 
Pelayanan Unggulan telah dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan yang sejak tahun 2002 telah menjadi lembaga tersendiri, tidak lagi dibawah UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. Dengan menjadi lembaga tersendiri.

Jalur koordinasinya pun berkurang sehingga percepatan inovasi-inovasi kian cepat terasa.
Diantara inovasi RSUD Bangil, yang tergolong baru adalah Layanan Unggulan Stroke Holistik RSUD Bangil.

Layanan Unggulan Stroke Holistik dari RSUD Bangil dalam penanganan stroke yang dimulai dari berbagai hal vital. Diantaranya adalah Prahospital atau penjemputan pasien yang mendadak terserang gejala stroke. Kemudian apa yang disebut sebagai Fibrinolitik yaitu Terapi Fibrinolitik kurang dari tiga (3) jam sejak ditemukan gejala stroke tersebut.

Lantas juga ada KOMPREHENSIF atau Perwatan Komprehensif yang ditangani oleh dokter spesialis Rehab Medik, Fisioterapis, dan dokter Komplementer dengan teknik hypnoterapi dan akupuntur. 

Layanan unggulan Stroke Holistik RSUD Bangil itu diantaranya bisa didapatkan layanan melalui Aplikasi di PlayStore: RSUD Bangil - Emergency.

Inovasi Layanan Unggulan Stroke Holistik ini terinovasi dengan harapan masyarakat bisa mengenali tanda-tanda atau gejala stroke sedini mungkin, sehingga bisa langsung dilakukan penanganan agar tidak terlambat, agar tidak telat penanganannya.

Sebagaimana diketahui stroke bisa terjadi secara mendadak yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecacatan sebagian, bahkan seluruh tubuh.

Untuk mengatasinya, tindakan cepat dan sedini mungkin harus dilakukan supaya bisa pulih dari kelumpuhannya. Salah satunya dengan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time). Hal tersebut menjadi bagian dari Layanan Unggulan Stroke Holistik RSUD Bangil.

Sebab, tidak ada stroke yang pelan-pelan. Seseorang ataupun siapapun yang sedang beraktivitas bisa saja terkena stroke, dengan tiba-tiba tangannya lemah sebelah, atau tiba-tiba ngomongnya tidak benar, atau bisa juga wajahnya kok turun sebelah. Itulah salah satu gejala stroke yang harus segera ditangani dengan cepat.

Jadi sekali lagi, Inovasi Layanan Unggulan Stroke Holistik dimulai dari pelayanan PraHospital melalui penjemputan oleh tim BEST (Bangil Emergency Service Team) untuk masyarakat yang terkena stroke.

Langkah pelayanan selanjutnya adalah penanganan di Rumah Sakit secara komprehensif dan kolaboratif. Diawali dari pemeriksaan untuk menegakkan diagnostik, dan selanjutnya dilakukan terapi yang tepat.

TEKNIK FIBRIOTIK adalah langkah cepat penanganan kasus stroke iskemik, stroke yang ditandai dengan kehilangan suplai darah dari sirkulasi secara tiba-tiba pada suatu area di otak. Penanganan dengan cepat, kurang dari 3 jam agar angka kecacatan dan kematian bisa diminimalkan.
 
Tujuan inovasi ini untuk mengembalikan kehidupan normal penderita stroke melalui metode penanganan integrasi curative dan rehabilitasi yang bekerja secara komprehensif. Karena tingkat penyembuhan yang bisa diraih hampir 80 persen.

Hadirnya RSUD Bangil, diantaranya dengan Layanan Unggulan Stroke Holistik untuk mempermudah akses masyarakat wilayah Kabupaten Pasuruan dalam mendapatkan penanganan serangan stroke mendadak secara cepat.(Ony/Zaq)

×
Berita Terbaru Update