Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

UMKM Di Sidoarjo Ikut Sukseskan Program Makan Gratis 730 Lansia

Minggu, 11 September 2022 | September 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-11T17:10:40Z


Sidoarjo, Pojok Telu
Keberadaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo turut andil dalam mensukseskan program Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. Salah satunya, program bantuan makan gratis bagi 730 Lansia se Kabupaten Sidoarjo. Berjalan lancarnya program tersebut karena Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor melibatkan belasan UMKM dibidang permakanan. Total ada 18 UMKM yang menjadi mitra Pemkab Sidoarjo dalam melayani makan ratusan lansia.

Satu UMKM bertanggung jawab menyediakan makanan dan mendistribusikannya dalam satu kecamatan. Distribusi dilakukan mulai pukul 09.00 -11.00 Wib ke rumah-rumah lansia. Sehari mendapat jatah makan gratis dua kali. Jumlah lansia ditiap kecamatan berbeda-beda, ada yang 30 lansia, ada yang lebih ataupun kurang dari itu.

Hubungan ekosistem antara pelaku ekonomi kecil menengah dengan pemkab Sidoarjo terus dibangun Gus Muhdlor. Selain karena komitmennya meningkatkan ekonomi kreatif, juga mendorong UMKM bekerja profesional melalui kerjasama dengan pemkab Sidoarjo. 

"Untuk bisa kerjasama dengan pemkab Sidoarjo ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pelaku UMKM. Mulai dari izin usaha, kualitas produk sesuai standar yang ditetapkan dan mekanismenya pun juga diatur. Proses kerjasamanya juga melalui e katalog," jelas Gus Muhdlor. Minggu, (11/9/2022).

Menurut Bupati Alumni Fisip Unair Surabaya itu, yang ia lakukan sekarang adalah representasi dari sebuah kebijakan yang berpihak pada ekonomi kerakyatan. Karena, ia percaya UMKM Sidoarjo mampu kerja profesional dengan pemkab Sidoarjo.

Kebijakan tersebut, tambah Gus Muhdlor sekaligus memberi kesempatan kepada industri kecil menengah dalam mendapatkan pedampingan langsung untuk memulai kerjasama dengan instansi pemerintah. Seperti pendampingan perizinan, mutu produk serta pendapingan produk halal yang menjadi salah satu program prioritas untuk mendorong lebih banyak lagi UMKM yang naik kelas.

Bupati alumni SMAN 4 Sidoarjo itu berharap dengan dilibatknya UMKM untuk mendukung program kerja Pemkab Sidoarjo, khususnya program bantuan makan gratis lansia itu menambah semangat dalam usahanya. Ia memastikan setiap kerjasama dengan pemerintah melewati mekanisme yang ditetapkan.

"Kerja harus profesional, kita monitor kualitas dan outputnya. Untuk menjaga mutu dan gizi makanan setiap 10 hari sekali akan dievaluasi Dinas Sosial, jika kualitasnya terjaga maka kerjasama berlanjut, jika tidak akan dievaluasi," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemkab Sidoarjo Misbahul Munir, untuk mekanisme pengadaan menggunakan e purchasing (e-katalog) Jatim Bejo yang mengakomodir UMKM (pengembangan UMKM dan gerakan penggunaan produk dalam negeri).

"PPKom Dinas Sosial membuat kerjasama, berkontrak dengan penyedia melalui e katalog. Kerjasama ini dilakukan setiap 10 hari sekali. Sehingga dapat dievaluasi setiap 10 hari, apakah nanti dapat diperpanjang kontraknya atau diganti dengan penyedia lainnya, nanti bisa dilihat sesuai hasil evaluasi kinerjanya," ujar Misbah. (Ony/Ir)
×
Berita Terbaru Update