Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Program Ketahanan Pangan Pemdes, Legok "Ternak Kambing".

Rabu, 19 Oktober 2022 | Oktober 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-20T05:17:59Z

Kepala Desa Legok (Nursalam S.E.). Saat Serahkan Kambing Ke Kelompok Peternak.

Pasuruan, Pojok Telu
Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Legok Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, telah melaksanakan program ketahanan pangan yang bersumber dari anggaran Dana Desa, adapun program ketahanan pangan Desa Legok tersebut fokus pada sektor peternakan kambing, Sekretaris Desa Choiril Makhrus mengatakan, Pemdes Legok menganggarkan pembelian 75 ekor kambing untuk diternak sebagai program ketahanan pangan, melalui Pokmas "Harapan Kita" dan 75 ekor kambing tersebut akan dikelola oleh 15 kelompok peternak yang terdiri dari Dusun Legok, Dusun Ngering, Dusun Kebonsari, Dusun Panderejo serta Dusun Tempel, dan masing-masing kelompok mendapatkan bantuan 5 ekor kambing.

Penyerahan hewan ternak kepada Pokmas "Harapan Kita" tersebut di lakukan di kantor balai desa Legok secara simbolis oleh Kepala Desa Legok Nursalam S.E. pada hari Selasa, 18/10/22. Didampingi langsung oleh, Bhabinkamtibmas Agus Setyobudi, Babinsa Ermawin, Eko Sebekti Pendamping Kecamatan, dan di saksikan oleh para staff Pemerintah desa Legok dan Ketua BPD.


Menurut keterangan dari Kepala Desa Legok (Nursalam S.E.) Bahwa, "Pemerintah Desa Legok, telah menyalurkan bantuan kambing kepada Kelompok Ternak Kambing Pokmas "Harapan Kita" Sesuai dengan Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022, dan kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan yang telah dianggarkan sebesar 20% dari total Dana Desa pada APBDes Legok Tahun Anggaran 2022".

Lebih lanjut Kepala desa Legok Nursalam S.E. juga berpesan kepada Kelompok Ternak Kambing Pokmas "Harapan Kita" bahwa, "Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga dapat memberdayakan ternaknya dan bisa membantu meningkatkan ekonomi dan potensi desa, ternak kambing merupakan jenis ternak yang mudah sekali untuk beradaptasi dengan lingkungan, meskipun dengan pakan yang sederhana, rumput misalnya, kambing bisa cepat  berkembang dan beranak, Dan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan ternak kambing merupakan salah satu komoditas ternak yang cukup berpotensi untuk di kembangkan dan sebagai sumber pangan penyedia protein asal hewan serta mempunyai potensi yang tinggi di daerah Gempol ini, maka dari itu jaga baik-baik pelihara baik-baik agar bisa berkembang dan bisa meningkatkan ekonomi desa kita." Begitu Pungkas Kades Nursalam S.E. kepada Pojok Telu. (Ony)


×
Berita Terbaru Update