Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menunjukkan Potensi Luar Biasa, KSM Ngerong Asri Mendapatkan Bantuan 10 Ekor Sapi

Selasa, 03 Januari 2023 | Januari 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-03T13:48:51Z

Pasuruan, Pojok Telu
Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) adalah sekumpulan orang yang menyatukan diri dalam usaha-usaha di bidang sosial ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya serta masyarakat yang berada di sekitarnya.

Salah satu KSM yang memiliki perkembangan cukup pesat ialah KSM Ngerong Asri Desa Ngerong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. KSM Ngerong Asri berdiri pada tahun 2022.

Kendati masih seumur jagung, KSM tersebut dinilai kompeten dalam bidangnya. Salah satunya datang dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan yang menobatkan piagam penghargaan kepada TPS 3 R untuk katagori pengelolaan sampah terbersih se Kabupaten Pasuruan.

Pada tanggal 30 Desember 2022. KSM Ngerong Asri secara mengejutkan mendapatkan bantuan 10 ekor sapi untuk program penggemukan dari dinas peternakan Provinsi Jawa Timur.

H. Jemik Sadiman Kepala Desa Ngerong menjelaskan sebelum dirinya mengajukan proposal permohonan bantuan, Pemerintah Deaa Ngerong bersama BPD membentuk struktur Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan menerbitkan SK nya.

"Kami tidak mau mengambil resiko terlalu jauh, jadi langkah awal kita membentuk kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dulu. Setelahnya kita terbitkan SKnya agar supaya bantuan dari Pemerintah Daerah langsung turun ke KSMnya," Jelasnya.

Kawasan KSM Ngerong Asri

"Alhamdulillah, pada tanggal 30 Desember 2022 segala upaya kita terealisasi dan Pihak Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur langsung menyerahkan ke KSM, bagi kami itu adalah kado manis akhir tahun 2022," Imbuh Kepala Desa Ngerong yang kerap disapa Gus Mik.

Dirinya menambahkan, sapi tersebut saat ini berada di area KSM Ngerong Asri yang merupakan embrio pengembangan Unit usaha disamping TPS 3R dengan kepengurusan yang berbeda.

 Menurut Gus Mik, selain dinilai berhasil dalam menanggulangi masalah sampah. KSM tersebut juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi warga Desa Ngerong. Gus Mij merencanakan tahun 2023 ini Pemerintah Desa Ngerong  mem-plotting sebagian anggaran untuk perbaikan akses jalan menuju KSM Ngerong Asri. (Tom)
×
Berita Terbaru Update