Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peduli Terhadap Seniman, Danlanal Cilacap Bedah Rumah Ki Dalang Mongko Daryono

Minggu, 26 Februari 2023 | Februari 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-26T15:46:11Z


Cilacap, Pojok Telu
Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap kehidupan seorang seniman, Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap mengadakan program bedah rumah terhadap rumah Ki Dalang Mongko Daryono yang kondisinya cukup memprihatikan, Sabtu (25/02/2023).

Kegiatan ini secara langsung dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo. Turut hadir dalam kesempatan yang sama Kades Dondong Suratman, personel Lanal Cilacap  maupun organisasi masyarakat GRIB dan warga setempat.

Danlanal Cilacap mengatakan, bahwa program benah rumah ini sudah direncanakan sejak enam bulan lalu. Yakni setelah Danlanal  Cilacap  melakukan kunjungan kerumah seniman Ki Dalang yang satu ini.  Adapun kondisi rumah Dalang Ki Mongko Daryono,  lanjut Danlanal Cilacap, cukup mengejutkan dan banyak beberapa bagian yang memerlukan sentuhan perbaikan. 

Lebih lanjut,  dengan adanya Bedah Rumah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada Ki Mongko Daryono serta penghuni rumah. Selain itu juga mampu menjadi awal yang baik Ki Mongko Daryono untuk mengangkat perekonomian dan semakin sukses. "Profesi Dalang merupakan aset seni budaya di Cilacap yang harus terus dipertahankan dan dilestarikan," jelas Danlanal.

Dipihak lain, Kepala Desa Dondong Suratman mengaku bersyukur dengan adanya bantuan program bedah rumah dari Lanal Cilacap dan berharap agar kegiatan dapat berlanjut, menyasar seniman-seniman Cilacap lainnya yang memerlukan bantuan dari Lanal Cilacap.

Sementara itu Dalang Ki Mongko Daryono menyampaikan ucapan terima kasih terimakasih karena telah memperbaiki rumahnya. “Program bedah rumah ini sangat baik dan sangat membantunya,” ujar Ki Dalang.

Dalang merupakan profesi yang lekat dengan seni budaya di Indonesia, khususnya wayang.  Namun demikian, ternyata banyak dari mereka yang kini mulai dihadapkan pada tantangan jaman. Hal ini mengundang keprihatinan sejumlah pihak. Salah satunya Lanal Cilacap yang meresponnya dengan melakukan bakti sosial berupa Program Benah Rumah milik Ki Mongko Daryono.(Ari)
×
Berita Terbaru Update