Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gus Irsyad Ajak Staf Peduli Lingkungan Dengan Gerakan Penanaman

Sabtu, 15 Januari 2022 | Januari 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-15T11:42:51Z


Pasuruan, Pojok Telu.com

Ada banyak cara yang dilakukan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) untuk mengumpulkan sekaligus memberikan pembinaan kepada para stafnya.

Seperti yang terlihat pada Sabtu (15/01/2022) pagi. Sebelum melakukan pembinaan, Gus Irsyad mengajak Sekda, para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Bagian hingga camat se-Kabupaten Pasuruan untuk berolahraga bersama sekaligus menanam bibit penghijauan di sekitaran area UPTD Budidaya Ternak, Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari.

Dari pantauan di lapangan, Gus Irsyad terlebih dulu senam maumere selama 20 menit. Setelah selesai, ia mengajak para stafnya untuk berjalan kaki sejauh 2 kilometer dengan tujuan menuju lokasi penanaman.

Menurutnya, lokasi UPTD Budidaya Ternak Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan sangat luas dan berada di wilayah pegunungan. Sehingga meski jalan yang dilalui cukup menanjak, namun dengan udara yang sangat segar dan masih pagi, semua yang berjalan kaki terlihat antusias untuk menanam bibit pohon buah.

"Yah ini cara saya untuk menggabungkan tiga tujuan sekaligus. Yakni olahraga, menanam bibit sekaligus pembinaan. Dengan jalan kaki, setidaknya bagian dari olahraga agar tubuh juga bergerak terus. Yah meski ada yang sambatan (mengeluh capek), namun semuanya semangat," ungkap Gus Irsyad.

Begitu sampai di lokasi penanaman, Gus Irsyad secara bersama para stafnya langsung menanam ratusan bibit buah yang berasal dari CSR Sampoerna.

"Saya ucapkan terima kasih banyak untuk Sampoerna yang sudah membantu penyediaan bibit pohon buah-buahan ini. Semoga kerja sama yang sangat baik ini bisa terus berlangsung sampai kapanpun," katanya.

Ditanya soal penanaman, adik kandung Walikota Pasuruan, Gus Ipul ini menegaskan bahwa aksi menanam bibit pohon buah adalah bagian dari gerakan melestarikan lingkungan. Terlebih momentum penanaman berada di waktu yang tepat, yakni musim penghujan.

"Kalau sudah hujan, harus menanam. Apapun jenis tanamannya, itu yang kita tanam, terserah. Apa itu buah atau tanaman penghijauan," singkatnya.

Selain di lokasi penanaman, Gus Irsyad juga mewajibkan para staf Pemkab Pasuruan untuk menggalakkan gerakan ayo menanam di sekitar tempat tinggalnya masing-masing. Utamanya di saat musim penghujan seperti sekarang.

Menurutnya, hal tersebut bukan tanpa alasan. Melainkan memotivasi masyarakat lain untuk ikut peduli terhadap keberlangsungan alam dan lingkungan sekitar.

"Gerakan penanaman ini menjadi simbol bahwa saat ini sangat dibutuhkan perhatian dari semua pihak untuk melestarikan lingkungan, salah satunya penanaman bibit pohon. Terlebih karena Kabupaten Pasuruan ini kaya akan sumber daya airnya dan sekarang pas hujan, jadi ayok kita tanam yang bisa kita tanam," tegasnya.

Lebih lanjut Kepala Daerah Inovatif 8 kali berturut-turut ini menegaskan bahwa penanaman pohon menjadi upaya untuk merefresh sekaligus mencharging alam agar ada regenerasi vegetatif alias pohon-pohon yang menjadi penyangga di wilayah perbukitan.

"Kita tanam sebanyak-banyaknya. Kita berikan kenang-kenangan untuk cucu kita agar alam ini tetap terjaga dan jauh dari bencana," ucapnya. (Ony/Mil).

×
Berita Terbaru Update