Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengisian AKD Di Pastikan Oleh Ketua DPRD Pasuruan, Sudiono Fauzan Proporsional

Kamis, 20 Januari 2022 | Januari 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-21T03:15:39Z



Pasuruan, Pojok Telu.
Ketua DPRD Pasuruan, M. Sudiono Fauzan, memberikan kepastian bahwa pengisian AKD Proporsional, sebagai alat kelengkapan dewan yang akan dilaksanakan pada akhir Februari 2022, dan dalam hal ini tetap mengedepankan prinsip keadilan.
Menurutnya, komposisi AKD tidak akan melenceng dari regulasi yang sudah diatur dalam PP No 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib dan kode etik DPRD.

Terkait percepatan penggantian AKD, menurut pria yang akrap disapa mas Dion ini kemungkinan tidak bisa dilaksanakan,sebab, pengajuan klausul perubahan pimpinan komisi sebelum jabatan berakhir tidak diperkenakan oleh Pemprov Jatim.

Politikus PKB ini menjelaskan, di tata tertib dan kode etik DPRD yang baru disahkan dalam sidang paripurna internal, Kamis (20/01) hari ini, ada beberapa perubahan. Salah satunya adalah, penempatan anggota fraksi di masing-masing komisi dibatasi 12 orang.
"Kalau dulu ada anggota salah satu komisi sampai 13 orang bahkan lebih, sekarang kita batasi agar tidak jomplang," ucapnya.

"Dan pemprov Jatim menyetujui perubahan pimpinan komisi dilakukan seperti sebelumnya. Yakni, sampai 2,5 tahun masa jabatan," terangnya.
Begitu juga dengan alat kelengkapan dewan, seperti banmus, banggar, bapemperda, hingga BK. Masing-masing anggota fraksi, berkesempatan untuk mendapatkan kursi di AKD tersebut. “Tapi, bisa juga tidak dapat. Tergantung kebijakan fraksi masing-masing. Yang jelas, porsinya untuk AKD sudah disiapkan secara proporsional,” sambungnya.

Dion mengaku, bahwa pengisian AKD sebelumnya memang terkesan kurang ideal. Ia mencontohkan ada salah satu anggota Fraksi FKB yang tidak kebagian. Padahal,  Fraksi PKB memiliki 15 anggota. Sedangkan anggota fraksi lain yang kursinya sedikit, justru mendapat porsi pimpinan di AKD tersebut,
"Kita pastikan pengisian nanti proporsional dan adil," janjinya. (Ony/bib).

×
Berita Terbaru Update