Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro, Fasilitasi Pendirian Koperasi Ponpes

Selasa, 22 Februari 2022 | Februari 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-23T17:06:29Z


Pasuruan, Pojok Telu.
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan diharapkan menjadi fasilitator Pondok Pesantren (Ponpes) yang akan mendirikan koperasi, pernyataan itu disampaikan Wakil Bupati Mujib Imron dalam agenda Sosialisasi dan Diskusi Panel Pendirian Koperasi yang dilaksanakan di Ponpes Al-Berr, Kecamatan Pandaan, hari ini Selasa (22/2/2022).

Sebagai fasilitator pendirian Koperasi Ponpes, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro diharapkan memberikan pembinaan kepada para peserta kegiatan yang mayoritas dari perwakilan Ponpes di Kabupaten Pasuruan, mulai dari kelengkapan persyaratan administrasi pendirian hingga urusan bagaimana cara mendapatkan permodalan untuk mendirikannya,
Menurut Wakil Bupati, dari semua Ponpes di Kabupaten Pasuruan, ada 73 Ponpes yang mulai merintis Koperasi Ponpes. Bahkan 9 Ponpes diantaranya sudah aktif dan berjalan stabil.

"Tercatat ada 73 Koperasi Ponpes di Kabupaten Pasuruan, adapun yang sudah aktif dan sehat serta berjalan baik ada sekitar 9. Saya bangga Ponpes sekarang ada retail, yang terpenting ada niat, cita-cita tinggi untuk memberdayakan Pondok Pesantren, santri dan masyarakat,” ucap Pengasuh Ponpes Terpadu Al Yasini tersebut dengan nada optimis.

Wakil Bupati mencontohkan, salah satu Ponpes yang berhasil mengembangkan Koperasi Ponpes adalah Ponpes Darumafatihil Ulum Podokaton, Kecamatan Gondangwetan, juga Ponpes Sidogiri, Kecamatan Kraton. Ke depan, eksistensi Koperasi Ponpes dapat turut-serta membangun perekonomian di Kabupaten Pasuruan. Selain membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, kehadirannya juga sangat diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan santri.

"Mudah-mudahan tahun 2023 nanti, Kabupaten Pasuruan menjadi Kabupaten Koperasi. Kita harus terus maju. Koperasi Ponpes akan kita jadikan tonggak kemajuan koperasi di Kabupaten Pasuruan", pungkasnya. (Ony/Eka).

×
Berita Terbaru Update