Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemerintah Kabupaten Pasuruan Usulkan BPBD Kabupaten Pasuruan Naik Tipe A

Kamis, 15 September 2022 | September 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-15T13:45:36Z

Wakil Bupati Pasuruan saat menyampaikan Raperda no APBD tata organisasi dan tata kerja BPBD no 08 tahun 2010

Pasuruan, Pojok Telu
Peran BPBD Kabupaten Pasuruan dalam penanganan bencana dinilai memiliki fungsi yang sangat penting. Dalam sidang paripurna pembahasan pembahasan raperda non APBD. Pemerintah Kabupaten Pasuruan berencana menaikkan kelas BPBD Kabupaten Pasuruan dari tipe B ke tipe A. Kamis,(15/9/2022).

Wakil Bupati Pasuruan KH. A. Mujib Imron S.H., M.H menjelaskan angka bencana di Kabupaten Pasuruan setiap tahunnya mengalami kenaikan, maka dibutuhkan penanganan satu komando. Sementara itu eselon lembaga BPBD hingga saat ini kedudukannya masih dibawah Dinas-Dinas lainnya, akibatnya berdampak pada penanganan yang dinilai kurang efektif dan efisien.

"Selama ini bencana di Kabupaten Pasuruan masih belum satu komando lantaran klasifikasinya masih B. Dalam menangani bencana di wilayah tertentu masih harus melakukan koordinasi ke OPD seperti Dinas Perkim, Dinas PU Bina Marga dan Bina Kontruksi maupun OPD terkait sehingga hasilnya kurang maksimal," Ungkap Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan KH. A. Mujib Imron.

Mengingat Kabupaten Pasuruan berada di area pegunungan dan juga dataran rendah, dekat pantai dan laut. Dengan luas 1.474KM², tercatat pada tahun 2021 saja Bencana yang terjadi di Kabupaten Pasuruan menyentuh angka 288 kasus. Tingginya jumlah bencana yang terjadi berimplikasi pada Indeks Resiko Bencana (IRB) Kabupaten Pasuruan yang termasuk kategori cukup tinggi.

Untuk itu diperlukan peningkatan Kelembagaan BPBD Kabupaten Pasuruan agar dapat menjalankan fungsi serta tugasnya dalam penanganan bencana sehingga diharpkan mampu meningkatkan indeks Ketahanan Daerah mengurangi resiko Bencana di Kabupaten Pasuruan.

Sepakat dengan usulan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan Sobih Asrori menilai langkah Pemkab Meningkatkan kelas BPBD Kabupaten Pasuruan dari Tipe B ke Tipe A bertujuan meningkatkan penanggulangan serta penanganan bencana agar lebih efektif, lebih cepat serta tanggap mengingat luasnya wilayah Kabupaten Pasuruan.(Tom)
×
Berita Terbaru Update