Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja 2023

Selasa, 17 Januari 2023 | Januari 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-18T03:51:31Z


Pasuruan, PojokTelu.com
Dikutip dari laman resmi Prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program Kartu Prakerja sendiri tahun 2023 akan dilaksanakan secara skema normal seperti yang tertuang pada yang diatur dalam Perpres Nomor 113 Tahun 2022. Menurut Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Sejumlah penyesuaian dilakukan sejalan dengan implementasi Program Kartu Prakerja dengan skema normal ini. Salah satunya pelaksanaan pelatihan yang dilakukan secara luring, daring, maupun bauran.

"Pelatihan akan dilakukan secara offline dan bertahap di awali di sepuluh Provinsi dan ini pembukaan gelombang pertamanya dilakukan di triwulan I-2023. Untuk tahap pertama ini di beberapa daerah, adalah DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Kalbar, Sumut, Sulsel, Bali, NTT, dan Papua,” ujar Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dilansir dari website Resmi Setkab.go.id.

Simak syarat dan cara mendaftar Program Kartu Prakerja tahun 2023 :

  • Syarat Mendaftar Kartu Prakerja :
1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

  • Cara Mendaftar Kartu Prakerja :
Peserta calon program Kartu Prakerja diwajibkan memiliki akun terlebih dahulu, Cara membuat Akun Prakerja bisa disimak dibawah ini :
1. Peserta Calon Kartu Prakerja dapat mendaftar dengan cara membuka website Resmi Prakerja.go.id. pilih menu daftar sekarang.

2. Peserta diwajibkan mengisi email dan kata sandi yang masih aktif.

3. Program Kartu Prakerja akan mengirim pesan ke email kalian untuk verifikasi.

4. Setelah terverifikasi akun kalian akan aktif


  • Berikutnya peserta dapat mengikuti pendaftaran gelombang kartu prakerja jika masih ada. Tata cara mendaftar gelombang kartu prakerja dapat disimak dibawah ini :
1. Buka Prakerja.go.id.

2. Siapkan KTP dan KK.

3. Isi data diri sesuai dengan KK atau KTP kalian sesuai dengan intruksi di layar smartphone kalian.

4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

5. Klik "gabung" Pada gelombang yang ada.

6. Tunggu hasil kelulusan pada dashboard prakerja.go.id
×
Berita Terbaru Update