Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perkuat FPRB Menuju Kecamatan Gempol Bebas Bencana

Selasa, 28 Februari 2023 | Februari 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-01T01:57:15Z

Pasuruan, Pojok Telu
Beberapa pekan terakhir, BPBD Kabupaten Pasuruan melakukan Sosialisasi dan Edukasi Antisipasi Bencana di 15 Desa Se-Kecamatan Gempol. Selasa, (28/2/2023).

Selain melakukan sosialisasi dan edukasi antisipasi bencana BPBD Kabupaten Pasuruan juga membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di setiap Desa.

Acara yang dihadiri Asisten I Pemkab Pasuruan Rachmat Syarifuddin, Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat, Kepala Pelaksana BPBD yang juga sebagai PLT Camat Gempol, Sekjen FPRB Kabupaten Pasuruan, Serta di ikuti oleh FPRB Kecamatan Gempol dan FPRB Desa Se-Kecamatan Gempol.

Tujuan dibentuknya FPRB di Desa ialah guna melakukan investigasi dan mensurvei titik titik rawan bencana di setiap Desa dan menjadi Mitra BPBD dan Pemerintah dalam penanggulangan Bencana.

Samsul Hidayat menjelaskan Desa juga memiliki peran penting ketika ada bencana. FPRB perlu dukungan dan perlu menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah kabupaten dan lain lain. 

"Nanti FPRB tingkat Desa harus membuat Peta Rawan Bencana ini butuh juga peran Pemerintah Desa agar tidak salah dalam mengambil keputusan, Ini ranahnya Kabupaten tapi yang mengerjakan desa, Itu salah. Jadi nanti agar tau mana titik titik yang rawan bencana dan ranahnya siapa," Ujar Lek Sul.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat F-PKB mengatakan dirinya mensupport penuh adanya FPRB dirinya berharap dengan adanya FPRB dapat membantu tugas Pemerintah dalam melakukan antisipasi bencana.

Lek Sul sapaan akrab Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan tersebut berharap dengan adanya FPRB, di tahun yang akan datang Kecamatan Gempol bebas dari banjir. 

"Ada anggaran sebesar 1,5Miliar untuk Kecamatan Gempol 2024 bebas Banjir," Jelasnya.

Selain itu, Asisten I Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengatakan harapannya FPRB Kecamatan Gempol dapat menjadi pilot project atau sebagai contoh untuk Kecamatan lain.

"Dari kompaknya, semangatnya, saya yakin FPRB Kecamatan Gempol bisa menjadi Pilot Project atau contoh untuk Kecamatan lain," Ujarnya.(Tom/Zaq)
×
Berita Terbaru Update