Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Samsul Hidayat : Jangan Hanya Namanya saja FPRB, Tapi Harus Ada Makna dan Aksi

Sabtu, 25 Februari 2023 | Februari 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-25T12:38:58Z

Pasuruan, Pojok Telu
Bertempat di Yayasan Pesantren Al Hidayah Dusun Jembrung Desa Bulusari, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Sabtu, (25/2/2023). Samsul Hidayat menegaskan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) harus terus aktif dalam setiap kegiatan.

Di Kecamatan Gempol sudah terbentuk FPRB tingkat desa se-Kecamatan Gempol dan FPRB Kecamatan Gempol. Dirinya mengharapkan FPRB sebagi mitra Pemerintah memiliki fungsi dan peran penting dalam upaya pencegahan bencana.

"Ya.. Namannya saja Forum Pengurangan Risiko Bencana Salah satu tugasnya melakukan mitigasi dan mensurvei titik titik rawan bencana di setiap Desa," Tandas Lek Sul sapaan Akrab Samsul Hidayat.

Selain mitigasi, FPRB juga harus mengetahui titik titik rawan bencana dan memberikan peringatan dini ke masyarakat jika akan terjadi suatu bencana.


Banjir adalah salah satu bencana yang paling sering terjadi di Kecamatan Gempol. Dan saat ini cuaca ekstrim melanda Kabupaten Pasuruan, maka dari itu selain peran dari FPRB. Peran dari masyarakat juga tak kalah penting.

Menurut Lek Sul, bencana dapat di minimalisir salah satunya dengan cara bergotong royong. Namun, kesadaran masyarakat pentingnya bergotong royong nampaknya mulai berkurang.

Dirinya mengajak masyarakat untuk saling bergotong royong membersihkan lingkungan. Agar tidak sampai terjadi suatu bencana yang tidak di inginkan.

"Ayo kita jaga lingkungan kita, jangan buang sampah sembarangan, bergotong royong bersihkan lingkungan agar terhindar dari bencana," Ungkapnya.(Tom)
×
Berita Terbaru Update