Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Beri Pelayanan Terbaik, Ini Deretan Inovasi RSUD Bangil

Jumat, 31 Mei 2024 | Mei 31, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-31T09:34:26Z
 

Pasuruan, Pojok Telu
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil tidak kenal lelah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pasien. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah trobosan inovasi yang diluncurkan.

Tentu inovasi-inovasi RSUD Bangil untuk kemudahan masyarakat yang akan menjalani perawatan di RSUD Bangil.

Berikut inovasi yang diluncurkan RSUD Bangil :

1. BANDROL (Bantuan Daftar Kontrol)
BANDROL merupakan inovasi baru yang diluncurkan RSUD Bangil. BANDROL diperuntukan untuk pasien yang menjalani perawatan rutin agar tidak perlu antre lagi.

Pasien yang telah menjalani perawatan rutin (Kontrol) akan diarahkan ke antrean obat, usai mendapatkan obat. Disitulah petugas RSUD Bangil akan membantu pasien untuk daftar kontrol di bulan depannya.

"Kita berikan kemudahan supaya mereka (Pasien penyakit kronis ;red) yang akan menjalani pengobatan rutin. Bulan depan kalau mau menjalani kontrol tinggal langsung duduk di depan poli," Ungkap Direktur RSUD Bangil, dr Arma Roosalina.

2. TRANSJIMAT (transporter cepat jiwa selamat).
Kebutuhan darah di rumah sakit menjadi sangat urgent. Terlebih ketika pasien sangat membutuhkan dalam waktu cepat, namun ternyata stok darah habis atau bahkan tidak ada stok darah jenis tertentu, mau tidak mau keluarga pasien harus mencarinya sendiri.

Untuk menjaga ketersediaan pasokan darah, RSUD Bangil meluncurkan TRANSJIMAT. Saat ini, terdapat 7 transporter yang siap mengambil darah di bank darah RSUD Bangil maupun PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Pasuruan. Bahkan hingga luar kota jika persediaan darah yang dibutuhkan kian menipis

Selama ini, RSUD Bangil bekerja sama dengan PMI dalam alur penyediaan kantong darah. Dengan keberadaan transporter, maka sirkulasi penyediaan darah tidak akan terhambat. Pasien pun bisa tenang, lantaran tidak dikenakan biaya tambahan lagi.

3. KORAN HD ( Kontrol Jumlah Cairan Pasien Hemodialisis)
Aplikasi Koran HD dibuat agar pasien gagal ginjal bisa semakin aware dengan kondisi kesehatannya. Direktur RSUD Bangil Dr. Arma Roosalina mengatakan RSUD Bangil melayani ratusan pasien yang sudah terdaftar secara tetap.

Ia berharap setelah diluncurkannya KORAN HD, pasien yang menderita penyakit gagal ginjal yang sering keluar masuk rumah sakit karena kondisi nya drop seperti sesak atau kondisi yang terus menurun jauh lebih berkurang.

Aplikasi tersebut juga menyediakan nomor Call Center Emergency RSUD Bangil apbila pasien yang merasa dalan kondisi yang sangat membutuhkan bantuan medis sesegera mungkin.

Pasien dapat mengakses menu tersebut sekaligus di nomor 6435999 atau 6435990. Nomor tesebut merupakan layanan penjemputan pasien gawat darurat yang dinamakan BEST (Bangil Emergency Service Team).

4. Holistic (Hospital Stroke Center Integrated and Comprehensive)
Inovasi Stroke Holistic dimulai dari pelayanan PraHospital melalui penjemputan oleh tim BEST (Bangil Emergency Service Team) untuk masyarakat yang terkena stroke.

Kemudian dilanjutkan penanganan di Rumah Sakit secara komprehensif dan kolaboratif. Seperti pemeriksaan untuk menegakkan diagnostik, dan selanjutnya dilakukan terapi yang tepat.

Inovasi ini dikeluarkan agar masyarakat bisa mengenali tanda-tanda atau gejala stroke sedini mungkin, sehingga bisa langsung dilakukan penanganan agar tidak terlambat.(Tom)

×
Berita Terbaru Update